SMP NEGERI 1 LIMBOTO

Jl. Achmad A. Wahab No. 12 Kayubulan

BE GREEN, BE CLEAN, BE SMART

Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal

Sabtu, 29 September 2018 ~ Oleh Admin ~ Dilihat 2575 Kali

Status sebagai sekolah rujukan bagi SMP Negeri 1 Limboto di tahun 2018 ini memasuki tahun yang ke 2, dimana sebelumnya juga pernah menjadi salah satu sekolah Model di Kabupaten Gorontalo. Oleh karena itu program pembinaan dan pengembangan sekolah terus dilakukan oleh tim internal sekolah. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan Workshop Sistim Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang diikuti oleh seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan dilingkungan SMP Negeri 1 Limboto. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gorontalo Drs. Hardi Pomalingo, M.Pd, dimana dalam sambutannya beliau menekankan komunikasi, kerjasama dan koordinasi lintas stakeholder agar terselenggara sistem pendidikan yang terpadu dan berkesinambungan, diingatkan pula bahwa diabad sekarang ini pentingnya penerapan keterampilan abad 21 yang menjadi modal sosial dan integritas kita agar mampu bersaing. Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Limboto Achmad Dangkua, S.Pd dalam sambutannya mengingatkan bahwa SMP Negeri 1 Limboto siap mengemban misi sebagai sekolah rujukan dengan mempersiapkan dan mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, olehnya itu sekolah tidak hentinya melakukan inovasi dan kreatifitas guna peningkatan sumberdaya pendidikan yang ada khususnya di Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan yang digawangi oleh bagian kurikulum ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 29 – 30 September 2018. Ibu Dra. Bety Dunggio selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan bimtek SPMI ini diharapkan nantinya akan menjadi dasar untuk melakukan siklus penjaminan mutu internal.

                

Pemateri yang diundang yaitu fasilitator daerah Bapak Guntur Timbola, M.Pd, dimana beliau menguraikan materi SPMI yang kemudian dilanjutkan dengan latihan pengisian format untuk pemetaan mutu yang terkait dengan 8 standar mulai dari analisis, perencanaan, implementasi, evaluasi hingga pada penetapan standar. Pada kesempatan itu pula beliau menyampaikan bahwa sistem penjaminan mutu internal dapat berjalan dengan baik di satuan pendidikan jika terdapat unsur penjaminan mutu di dalam manajemennya. Unsur penjaminan mutu tersebut dapat dalam bentuk Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) yang merupakan tim independen di luar manajemen sekolah yang minimal berisi perwakilan pimpinan satuan pendidikan, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya serta komite di satuan pendidikan tersebut. Jika sumberdaya satuan pendidikan tidak mencukupi, fungsi penjaminan mutu ini menjadi tugas dari tim manajemen yang sudah ada dalam satuan pendidikan.

 

Oleh: Rizal Pomalingo & Muhas

Berita Artikel

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT